Upaya Universitas Kristen Indonesia dalam Pencegahan Penularan Virus Corona

Menyikapi pandemik global Covid-19, UKI melakukan beberapa pencegahan penyebaran virus Corona. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Hukum dan Kerjasama UKI, Lolom E. Hutabarat, S.T., M.T, menjelaskan bahwa UKI sudah mengeluarkan surat edaran resmi di kalangan sivitas akademika untuk meningkatkan kewaspadaan dini terkait Coronavirus Disease.

Lolom E. Hutabarat menegaskan, “UKI menerapkan pembelajaran online sebagai upaya pencegahan penyebaran virus. Perkuliahan dan UTS dilakukan dengan metode online learning, efektif tanggal 16 Maret 2020. Seluruh Sivitas akademika UKI menangguhkan perjalanan ke luar negeri untuk keperluan yang dapat ditunda, terutama negara-negara terdampak Covid-19. Saat ini, UKI menyediakan fasilitas cuci tangan menggunakan sabun dan/atau hand sanitizer di setiap ruangan. Penyemprotan disinfektan juga sudah dilakukan di wilayah UKI, pada tanggal 18 dan 24 Maret 2020.”

Pada hari Jumat 13 Maret 2020, Kodam Jaya juga melaksanakan Karya Bhakti Pembersihan Lingkungan di sekitar Universitas Kristen Indonesia, dalam rangka mencegah dan meningkatkan kewaspadaan terhadap resiko penularan infeksi Corona Virus Disease (Covid-19).

Kepala Bidang Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UKI, Elferida Sormin, S.Si., M.Pd bersama utusan Dosen Fakultas Kedokteran (Fransiska Sitompul, M.Farm., Apt.) menyerahkan 600 botol hand sanitizer secara simbolis kepada Lurah Cawang Didik Diarjo, S.E., M.E dan Kepala Puskesmas Kelurahan Cawang, dr. Dwi Aminah.

Universitas Kristen Indonesia melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang juga merupakan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada tanggal 31 Januari 2020, LPPM UKI melakukan kegiatan PkM dengan memberikan penyuluhan tentang pencegahan penyebaran virus corona kepada masyarakat di Kelurahan Cawang.

Pada tanggal 26 Maret 2020 atas ijin Pimpinan UKI (Rektor dan Jajaran) dan dimotori oleh beberapa dosen FK (Retno Wahyuningsih, MS., S.Park. Prof. Dr. dr. dan Merry Sibarani, Drg., Sp.KG.), para dosen dan staf UKI menggalang dana untuk membantu pengadaan Alat Pelindung Diri RS UKI dan untuk pembuatan hand sanitizer. Selanjutnya oleh LPPM UKI bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran dan Prodi Pendidikan Kimia FKIP UKI membuat Hand Sanitizer untuk tahap pertama, kemudian dibagikan kepada warga di wilayah Kelurahan Cawang, Jakarta Timur. Kepala Bidang Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UKI, Elferida Sormin, S.Si., M.Pd bersama utusan Dosen Fakultas Kedokteran (Fransiska Sitompul, M.Farm., Apt.) menyerahkan 600 botol hand sanitizer secara simbolis kepada Lurah Cawang Didik Diarjo, S.E., M.E dan Kepala Puskesmas Kelurahan Cawang, dr. Dwi Aminah.

“Kegiatan ini merupakan bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) untuk mendukung masyarakat dan pemerintah dalam menghadapi pandemik Covid-19. Hand Sanitizer diproduksi di Laboratorium FK UKI. Komposisi dari hand sanitizer ini sudah sesuai Standar World Health Organization Hand rubs Formulations, yaitu Etanol 96 %, H2O2 3 %, Gliserol 98 % , Aquadest hingga 1000 ml”. Proses pembuatan hand sanitizer tahap selanjutnya masih akan dilanjutkan dan akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Elferida Sormin.

Seluruh mahasiswa UKI dihimbau untuk tetap melaksanakan kegiatan sehari-hari di rumah masing-masing dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih, mengkonsumsi makanan bergizi, dan menghindari tempat keramaian apapun dan di manapun.