Verifikasi Prodi Ilmu Hukum oleh Tim Assesor BAN-PT  

JAKARTA- REPORTER Memasuki usia 62 tahun, Universitas Kristen Indonesia (UKI) terus berusaha meningkatkan mutu pendidikannya demi mendukung kecerdasan bangsa. Sebagai perguruan tinggi swasta yang sudah memiliki nama besar, UKI tetap mengikuti setiap peraturan pemerintah, khususnya di bidang pendidikan. Oleh karena itu, pada Senin, 12 September 2015 pihak Rektorat UKI menerima kunjungan dari Tim Assesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Dr. Kuat Prayitno, S.H., M.Hum., dan Dr. Anthon Sisento, S.H, M.Hum., untuk melakukan penilaian akreditasi Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum UKI.

HMS_2081
Pengarahan teknis oleh tim Assesor BAN-PT

Tim Assesor BAN-PT langsung bertemu dan disambut hangat oleh Rektor UKI, Dr. Maruarar Siahaan, S.H., di Ruang Rapat Rektorat Kampus UKI Cawang.  Dalam pertemuan tersebut Rektor mengucapkan rasa terima kasih dan memperkenalkan pihak kampus yang hadir kepada Tim Assesor. Hadir pula Dekan Fakultas Hukum, Hulman Panjaitan, S.H., M.H.

Setelah menerima sambutan dari Rektor, Tim Assesor bergegas ke Gedung Fakultas Hukum untuk melakukan verifikasi. Di sana Dekan dan pihak FH UKI menyambut kedatangan kepada Tim Assesor BAN-PT.

“Atas nama Fakultas, Kami ucapkan selamat datang kepada Tim Assesor BAN-PT. Kami mohon bimbingan dan pengarahan untuk segala sesuatunya,” sambut Hulman Panjaitan, S.H., M.H,.

Sebelum penilaian dimulai, Tim Assesor menjelaskan terlebih dahulu proses penilaian secara teknis. “Pagi ini kita akan presentasi tentang program-program yang sudah dikirim. Kami berdua hanya sekedar ditugaskan oleh BAN-PT untuk memverifikasi agar setiap perguruan tinggi ada standar yang harus dipenuhi sehingga mutu pendidikan untuk masyarakat bisa berjalan dengan baik,” jelas Anthon. Anthon menjelaskan bahwa penilaian akreditasi ini tidak hanya melihat naskah atau dokumen-dokumen internal (administratif), tetapi juga fakta di lapangan. Jadi, akreditasi ini bukan sekedar formalitas oleh BAN-PT.

HMS_2049
Suasana di ruang rapat Rektorat UKI

“Sesuai instrumen, kami juga perlu verifikasi dokumen-dokumen pendukung sehingga kami bisa melaporkan bahwa betul adanya. Kemudian, verifikasi dari staf pengajar, mahasiswa, alumni, termasuk tenaga kependidikan, dan stakeholder. rekam kondisi fisik bila diperlukan, dan akan ditutup dengan penandatanganan berita acara,” jelas Anthon.

 

Tim Assesor BAN-PT juga menghimbau agar pihak kampus tetap menjaga mutu dan kualitas setelah proses penilaian selesai. Kiranya proses verifikasi dapat berjalan lancar dan mendapatkan hasil maksimal sehingga membawa kemajuan untuk Prodi Ilmu Hukum FH UKI.

(Lis/Jez )