Visitasi Re-Akreditasi UPT Perpustakaan Universitas Kristen Indonesia oleh Tim Asesor Perpustakaan Nasional RI

Pada tanggal 12 Desember 2020, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Kristen Indonesia kembali dikunjungi oleh Tim Asesor Perpustakaan Nasional setelah UPT. Perpustakaan UKI sudah mendapatkan Akreditasi “A” pada tahun 2017 yang lalu (Sertifikat Akreditasi Nomor : 00038/LAP.PT/XII.2017).

Tim Rektorat dan UPT. Perpustakaan UKI menyambut hangat kunjungan re-akreditasi ini di Ruang Rapat Rektorat. Adapun Tim Asesor Perpustakaan Nasional RI yang menghadiri kunjungan ini adalah, Dra. Zurniaty Nasrul, MLS, Drs. Supriyanto, M.Si, dan Drs. B. Mustafa, M.Lib dan dua sekretaris pendamping. “Kami sudah berserah kepada Tuhan untuk hasil akreditasinya nanti dan yang terbaiklah kami harapkan dari Bapak/Ibu sekalian,” ucap Rektor Universitas Kristen Indonesia, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., MBA.

Pelaksanaan visitasi re-akreditasi dilanjutkan dengan presentasi profile UPT. Perpustakaan UKI oleh Kepala UPT. Perpustakaan UKI, Edi Wibowo, S.I. Pust. Selanjutnya, kegiatan yang dilakukan adalah verifikasi instrumen akreditasi dengan bukti fisik dan peninjauan terhadap layanan-layanan Perpustakaan UKI, seperti Layanan Referensi dan Turnitin, Layanan Multimedia/Penelusuran Informasi, Layanan Baca di Tempat dan Baca Mandiri, Layanan Sirkulasi, Layanan Audio Visual, Layanan Fotocopy dan Loker, Layanan Pojok Kependudukan, Layanan BI Corner, dan Taman Baca Perpustakaan.

Di hari yang bersamaan, pembacaan hasil visitasi re-akreditasi juga dilakukan oleh Tim Asesor. Secara fungsional UPT. Perpustakaan UKI sudah berjalan dengan baik, yang dinilai dari beberapa komponen, yaitu koleksi, pengorganisasian Sumber Daya Manusia (SDM) atau tenaga perpustakaan,  luas area/lokasi, anggaran, dan layanan-layanan yang ada. Komentar dan saran juga diberikan sebagai tambahan, seperti pengadaan fungsi rekreasi dan refreshing, seperti sudut lesehan dan tempat selfie sehingga pengunjung perpustakaan merasakan ada kenyamanan. Dengan ucapan selamat dan secara keseluruhan total penilaian yang diberikan kepada UPT Perpustakaan UKI adalah 95,85%. Menanggapi hal tersebut, Rektor UKI mengucapkan terima kasih kepada Tim Asesor PerpusNas RI dan ditutup dengan pemberian plakat dan foto bersama.

Catherine Monica