Wawasan Kewirausahaan Dibukakan untuk Semua Mahasiswa UKI

Mata kuliah Kewirausahaan penting untuk membuka wawasan entrepreneurship mahasiswa. Mata kuliah ini memotivasi  mahasiswa untuk memiliki semangat kewirausahaan dan kemandirian. Melalui pendidikan kewirausahaan, dosen dapat meningkatkan pola pikir dan pengalaman mahasiswa. Pandangan ini disampaikan Nenny Anggraini, S.E., M.Ps., selaku Koordinator Mata Kuliah Kewirausahaan UKI.

Kuliah Umum Kewirausahaan dilakukan melalui aplikasi Zoom Meeting pada tanggal 8 Juni 2020, dengan tema “Peluang dan Ide Usaha Kreatif pada Masa Kebaruan Normal”.

Nenny Anggraini menjelaskan mata kuliah kewirausahaan bukanlah mata kuliah baru yang diajarkan di UKI. Di tahun 1995 mata kuliah tersebut sudah diberikan di Fakultas Ekonomi, khusus Prodi Manajemen. Lalu di tahun 2000, semua prodi Fakultas Ekonomi mempelajari mata kuliah tersebut. Fakultas Teknik juga memiliki mata kuliah tersebut dengan nama Technopreneurship. Di tahun 2009, Fakultas Kedokteran UKI memiliki blok kewirausahaan.

“Pada tahun 2019, kewirausahaan menjadi Mata Kuliah Umum (MKU) dan dikelola oleh Universitas yang wajib diikuti oleh seluruh prodi yang ada di UKI,” tambah Nenny.

Kuliah kewirausahaan selama masa pandemi ini tetap berjalan melalui Microsoft Team. Ada kelas di Fakultas Ekonomi Bisnis yang tetap merealisasikan rencana bisnisnya, prodi Ilmu Politik UKI menyelenggarakan kuliah umum kewirausahaan, prodi HI Fisipol membuat Webinar dan FEB juga akan menyelenggarakan Webinar di tanggal 22 Juni 2020. Tema webinar ialah tentang bisnis selama pandemik dan sesudah pandemik Covid 19.

“Selama ini workshop secara khusus belum dilakukan, tetapi semua mahasiswa kelas kewirausahaan membuat rencana usaha berupa proposal bisnis yang harus direalisasikan. Mahasiswa FEB dan FISIPOL UKI membuat ekspo kewirausahaan yang memamerkan hasil ide kreatif dari rencana bisnisnya,” jelas dia pula.(ics)