WISUDA UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TAHUN AKADEMIK 2014/2015 Rektor UKI: “There is no journey’s end, it is a never ending process”

JAKARTA-REPORTER. Kamis, 12 November 2016, bertempat di Plennary Hall, Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Selatan, Universitas Kristen Indonesia menyelenggarakan acara Wisuda Lulusan Program Pascasarjana, Sarjana, dan Diploma III Tahun Akademik 2014/2015. Acara seremonial ini diawali dengan Prosesi Senat UKI dan Pengurus Yayasan UKI serta Sidang Terbuka Senat yang dibuka oleh Ketua LPPM UKI, Prof. Dr. Ir. O.C. Marpaung, MSEE.

Setelah pembukaan sidang, acara dilanjutkan dengan ibadah singkat yang dibawakan oleh Pdt. Ester Rela Intarti, M.Th. Dalam khotbahnya yang diambil dari kitab Yosua 1:1-9, Pdt. Esther menyampaikan agar para wisudawan bisa belajar dari sosok Yosua yang menjadi pemimpin di masa mudanya. ”Firman Tuhan ini sangat relevan bagi kita semua. Kuatkan dan teguhkanlah hatimu karena Tuhan telah memilih saudara-saudara semua menjadi wisudawan wisudawati UKI,” ucap Pdt. Ester.

Suasana ibadah pembuka Sidang Terbuka Senat
Suasana ibadah pembuka Sidang Terbuka Senat

Tahun akademik ini UKI telah meluluskan 938 mahasiswa yang terdiri dari 76 lulusan S2, 768 lulusan S1, dan 94 lulusan D3. Dengan diterbitkannya SK Yayasan UKI Nomor: 95/YUKI/A.402./05.15 serta SK Yayasan UKI Nomor: 96/YUKI/A.402./05.15 tentang Tata Kelola Akademi Perawat dan Akademi Perbankan berada di bawah Manajemen UKI, maka jumlah wisudawan kali ini termasuk lulusan dari Akademi Perbankan sebanyak 6 wisudawan, Akademi Perawat sebanyak 19 lulusan, dan dari Akademi Fisioterapi sebanyak 42 lulusan. Demikian laporan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Wisuda, Ir. Lolom Evalita Hutabarat, MT.

Setelah mendengarkan laporan dari Ketua Panitia Wisuda, para wisudawan diiringi Paduan Suara Mahasiswa (PSM UKI) mengumandangkan lagu Mars Universitas Kristen Indonesia. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan keputusan Rektor Universitas Kristen Indonesia tentang Daftar Nama Lulusan Terbaik Tahun Akademik 2014/2015 untuk seluruh program sekaligus pelantikan para wisudawan terbaik, serta ucapan terima kasih dari lulusan terbaik UKI kepada masing-masing orang tua mereka.

Pada sesi sambutan, Rektor Universitas Kristen Indonesia, DR. Maruarar Siahaan, S.H menyampaikan kebahagiaan dan rasa syukurnya atas kelulusan para wisudawan. “Kita semua saat ini berbahagia, baik pengurus Yayasan, pimpinan UKI, para dosen, karyawan, dan para wisudawan baru beserta keluarga, karena perjuangan yang ditempuh untuk sampai ke garis akhir suatu tahap dalam proses pembelajaran ini, tidak juga berlangsung dalam waktu singkat, dan menuntut pengorbanan dalam segala hal melakukannnya untuk mencapai tujuan dan cita-cita,” sambut Rektor.

Para wisudawan terbaik memberikan tanda kasih kepada orangtua masing-masing
Para wisudawan terbaik memberikan tanda kasih kepada orangtua masing-masing

Rektor juga mengingatkan bahwa saat ini kita tengah memasuki era pasar bebas di lingkungan ASEAN yang menyangkut pergerakan modal, barang, dan jasa secara terbuka, tentunya persaingan dengan tenaga kerja dari negara-negara tetangga dari ASEAN menjadi lebih kuat. “Oleh karenanya, wisuda saudara-saudara hari ini justru menjadi awal dari proses pembelajaran baru untuk memperlengkapi diri dengan soft skill yang sangat diperlukan dalam melaksanakan tugas-tugasnya. For UKI graduates, there is no journey’s end, it is a never ending process,” terang Dr.  Maruarar Siahaan, S.H.

Setelah sambutan dari Rektor UKI, Ketua Yayasan UKI, Dipl, -ing. Salomo Panjaitan turut memberikan sambutan dan ucapan selamat, “Kami ingin menyampaikan selamat atas selesainya studi di UKI. Kembalilah ke masyarakat dengan menunjukkan jati diri sebagai magister, sarjana, dan ahli madya yang mumpuni, dan teruslah menjaga citra UKI selaku almamater anda,” terang Salomo.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan dari Koordinator Kopertis Wilayah III, ucapan terima kasih dari perwakilan orang tua wisudawan, dan saat yang paling ditunggu oleh para wisudawan, yakni Pelantikan Wisudawan Tahun Akademik 2014/2015. Seluruh nama para wisudawan dipanggil satu per satu untuk mendapatkan ucapan selamat dari pimpinan universitas, dimulai dari Program Pascasarjana.

Selanjutnya dilakukan penyerahan daftar nama wisudawan dari Rektor UKI kepada Ketuan DPP Ikatan Alumni UKI, A. Teras Narang, S.H., beliau turut menyampaikan beberapa pesan, “Sebagai Alumni Universitas Kristen Indonesia, para alumni tidak hanya dituntut berhasil dalam bidangnya saja, tetapi juga dapat menjadi alumni yang memiliki karakter kristiani yang tangguh sesuai dengan moto dan semangat yang dimiliki UKI “Melayani, bukan dilayani””.

Perwakilan orang tua wisudawan
Perwakilan orang tua wisudawan

Setelah penyerahan nama alumni, seluruh wisudawan serentak mengucapkan Janji Sarjana UKI untuk mengabdikan ilmu dan keahlian, bekerja dengan sungguh-sungguh, menjunjung tinggi susila sarjana, dan akan tetap setia kepada cita-cita UKI dengan motonya “Melayani, Bukan dilayani”. Tak ketinggalan ucapan Terima Kasih Sarjana dari para wisudawan yang diwakili oleh Jessica Rachel Sharon, alumni Fakultas Ekonomi UKI.

Setelah seluruh prosesi seremonial selesai, acara wisuda ditutup dengan doa dan penutupan sidang terbuka senat UKI. Selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati Universitas Kristen Indonesia Tahun Akademik 2014/2015, semoga kesuksesan selalu menyertai kalian di masa depan, Tuhan memberkati.

 

(red)