WORKSHOP ARCHITECTURAL ILLUSTRATION

JAKARTA-REPORTER      Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Kristen Indonesia bekerja sama dengan PT Mega Nusa Hadiarta (LYRA). Perusahaan tersebut adalah distributor alat-alat menggambar dan melukis, seperti pensil warna, krayon, kuas, cat air, dll. Kerja sama tersebut terealisasi dalam sebuah kegiatan Workshop Architectural Illustration, yang diselenggarakan pada Rabu, 6 April 2017, di Ruang Studio C, Lantai 2, FT UKI, Kampus Cawang.

Kepala Program Studi Arsitektur, Ir. Bambang Erwin, M.T, membuka langsung pelatihan ini sekaligus memberikan pengantar kepada para mahasiswa.

“Kesempatan ini saya buat workshop sebagai bentuk kerja sama Prodi Arsitektur dengan PT Mega Nusa Hadiarta. Kegiatan ini sangat penting, khususnya untuk Prodi Arsitektur yang sudah mendapat Akreditasi A, karena harus memiliki banyak kegiatan dalam waktu lima tahun,” kata Bambang.

Workshop ini dipimpin oleh Dra. Sri Riswanti H.S., M. Sn., sebagai trainer, beliau adalah lulusan dan salah satu pengajar di Institut Seni Indonesia (ISI), Jogjakarta. Menurut Riswanti, dalam arsitektur, kita juga harus memiliki skill menggambar manual. Tak perlu khawatir karena hal tersebut dapat diasah dengan berlatih.

“Skill menggambar kita tergantung pada latihan. Jadi yang gambarnya belum proporsional jangan khawatir karena dengan latihan semua bisa diatasi,” ucap Riswanti.

Riswanti menampilkan contoh-contoh gambar manual yang menggunakan teknik gambar dan pewarnaan proporsial menggunakan pensil warna.

“Dalam drawing banyak hal yang harus kita latih, seperti proporsi, tekstur, warna, bahan, dll,” jelas Riswanti.

Riswanti juga memberikan tips mewarnai yang baik dengan menggunakan bedak tabur (bedak bayi).

“Kita dapat menggunakan bedak untuk mem-blend warna, kemudian di-block dalam gambar. Pandai-pandai memilih alat yang cepat dan detail. Selain itu, kerena sifatnya (bedak) seperti bubuk, saran saya ‘kunci’ dengan Pilox clear,” terang Riswanti.

Masing-masing mahasiswa diberikan fotokopi gambar yang sudah jadi dan mereka diberikan kesempatan untuk menggunakan kemampuan yang mereka miliki untuk mewarnai gambar tersebut. Peserta yang menang, akan mendapatkan hadiah alat menggambar dari LYRA.

(lis)