WORKSHOP KESEKRETARIATAN DAN PENGELOLAAN ARSIP TENAGA KEPENDIDIKAN UKI 2016

JAKARTA-REPORTER Banyaknya aktifitas administrasi seperti penyediaan informasi, pengarsipan, inventarisasi, hingga aktifitas lainnya yang menunjang kinerja perusahaan dan kecepatan data informasi yang diperoleh sangat penting bagi sebuah institusi pada saat ini. Oleh karena itu, staf administrasi atau sekretariat harus dibekali dengan skill dan kecakapan yang memadai guna mendukung tugas-tugasnya.

Hal-hal tersebut menjadi dasar bagi Universitas Kristen Indonesia (UKI) sebagai sebuah institusi pendidikan Kristen, khususnya Biro Sumber Daya Manusia UKI untuk terus mengembangkan kemampuan karyawannya, salah satunya dengan mengadakan kegiatan Workshop Kesekretariatan dan Pengelolaan Arsip bagi Tenaga Kependidikan UKI 2016.

Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung selama dua hari sejak Rabu-Kamis, 17-18 Februari 2016, bertempat di Video Conference Room, Gedung AB Lantai 2, Kampus UKI Cawang, dengan total peserta 46 orang.

IMG_9251
Ir. Anom Mirmani, MIM-REC sebagai salah satu narasumber di kegiatan Workshop Kesekretariatan dan Pengelolaan Arsip bagi Tenaga Kependidikan UKI 2016

Narasumber dan fasilitator yang diundang dalam workshop ini berasal dari Kantor Arsip Universitas Indonesia (UI), yakni Ir. Anom Mirmani, MIM-REC., Ibnu Wahyudi, M.A., Tumini, M.Hum., Wahid Nurfiantara, S.Hum., dan Agustinus Bayu Setyawan, S.Hum.

Selain memberikan pembekalan materi, para narasumber dan fasilitator juga mengajak peserta workshop untuk melakukan praktik-praktik, seperti pembuatan surat dinas serta pemindahan arsip inaktif dan instrumennya.

Berdasarkan hasil pretest dan posttest terpilihlah tiga peserta terbaik, juara pertama Arya Gina Tarigan, S.E. dari Biro SDM, Juara kedua Lediana Evarida Silitonga dari Badan Penjaminan Mutu, dan Mawar Sitohang, S.H dari Biro SDM. Ketiga peserta terbaik ini mendapatkan hadiah menarik yang telah disiapkan oleh panitia.

IMG_9331
suasana Workshop Kesekretariatan dan Pengelolaan Arsip tenaga kependidikan UKI

Sebelum penutupan acara, Wakil Rektor II Bidang Nonakademik UKI, dr. Bernadetha Nadeak, M.Pd., PA menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada narasumber, fasilitator, para peserta, dan seluruh panitia yang terlibat dalam kegiatan tersebut. “Kami atas nama UKI mengucapkan banyak terima kasih untuk pembekalan ini. Tentunya ini buka pertama kali saja, ini akan berproses sampai UKI mempunyai bagian pengarsipan sendiri. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah berpartisipasi, kalau sudah menjadi yang terbaik, yang terbaik itu dituntut kompetensinya,” ujar dr. Bernadetha.

Arya Gina Tarigan, S.E. dari Biro SDM, yang akrab dipanggil Gina, mewakili para peserta turut menyampaikan pesan dan kesannya selama mengikuti workshop. “Kami sangat mengucapkan terima kasih terhadap ilmu yang sudah diberikan. Kami sangat berharap untuk ke depannya seperti waktu awal-awal dikatakan bahwa UI butuh waktu 17 tahun, maka seperti yang Dokter Berna bilang UKI mungkin butuh waktu satu tahun. Kami berharap itu semua bisa terealisasi sehingga kita punya kearsipan yang baik. Saya harap ke depannya kita bisa saling membantu, terlebih masalah kearsipan supaya UKI bisa bangkit kembali menjadi universitas yang terbaik lagi,” tutur Gina.

Acara ditutup dengan penyerahan plakat dan foto bersama.