YKBN & Asrama Yap Thiam Hien : Program Kreativitas Mahasiswa 2017

JAKARTA-REPORTER Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) menjadi salah satu tolak ukur kualitas pendidikan sebuah universitas maupun organisasi yang bergerak di bidang pendidikan. Seminar dan workshop Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan pada Sabtu, 30 September 2017, di Aula Asrama Yap Thiam Hien Universitas Kristen Indonesia ini diharapkan menjadi langkah awal dalam peningkatan kemampuan kreativitas mahasiswa, khususnya mahasiswa beasiswa yang berkesempatan tinggal di Asrama “Yap Thiam Hien” UKI agar memiliki pola pikir dan cara pandang yang kreatif dalam menelaah sesuatu yang ada di sekitar lingkungannya, dalam bidang apapun, yang berkaitan dengan Fakultas dan Prodi masing-masing.

Seminar dan workshop ini adalah bentuk kerja sama antara Yayasan Kasih Bagi Negeri (YKBN) dengan Asrama Yap Thiam Hien UKI dan Prodi Pendidikan Fisika dan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia (FKIP UKI).

Seminar ini bermula dari gagasan beberapa mahasiswa yang pernah mengikuti penelitian pada tahun sebelumnya, mereka berdiskusi dan memikirkan untuk membangun semangat penelitian mahasiswa di kampus UKI. Tujuan utama diadakannya seminar dan workshop ini adalah, pertama untuk menyambut kesempatan besar yang disediakan oleh Dikti (SIMBelmawa) melalui Hibah Penelitian yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa di Indonesia. Kedua, bertujuan untuk memupuk dan membangun semangat penelitian di kalangan mahasiswa Universitas Kristen Indonesia.

Seminar & Workshop ini memiliki sasaran, yaitu menciptakan mahasiswa yang Go Mobilize, di mana setiap mahasiswa mau bergerak mengajak orang lain untuk terlibat dalam visi dan misi universitas dalam rangka menciptakan mahasiswa yang kreatif dan kompeten. Secara garis besar, seminar dan workshop ini diharapkan menjadi bentuk kerja sama yang baik antara pihak YKBN yang berkolaborasi dengan Asrama Mahasiswa “Yap Thiam Hien” UKI dan Prodi Fisika dan Kimia FKIP UKI dalam gerakan pengembangan tingkat kemampuan mahasiswa yang memiliki minat dan kewajiban untuk melakukan penelitian dalam bidang penalaran mereka masing-masing.

Materi seminar dan workshop “Program Kreativitas Mahasiswa” dipaparkan secara rinci dari beberapa Dosen FKIP Prodi Fisika dan Prodi Kimia tentang apa saja yang harus kita libatkan dalam melakukan penelitian, serta kiat-kiat penting yang harus kita ketahui. Setiap mahasiswa dibimbing agar tertarik pada sebuah bidang, baik pendidikan, sosial, ekonomi dan beberapa bidang lainnya yang digeluti oleh setiap mahasiswa. Beberapa judul menarik

dari hasil pemikiran setiap mahasiswa dituangkan, dan setiap mahasiswa dengan judul yang berbeda akan dibagi kedalam beberapa kelompok, serta diharapkan menjadi penggerak untuk mengajak mahasiswa-mahasiswa lainnya menjadi anggota dalam penelitiannya nanti.

Selanjutnya, para mahasiswa akan diberikan dosen pembimbing untuk membina dan mengarahkan dalam melaksanakan penelitian dan pembuatan proposal sebelum diunggah ke Dikti (SIMBELmawa) pada akhir Oktober 2017 nanti.

Sebagai bentuk apresisasi dari pihak penyelenggara seminar dan workshop terhadap antusiasme mahasiswa yang mengikuti kegitan ini, panitia bekerja sama dengan Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Kristen Indonesia (BKMA UKI) memberikan sertifikat dengan sistem poin, sehingga dapat membantu mahasiswa mengumpulkan syarat minimum poin yang telah menjadi kebijakan Universitas bagi mahasiswa sebelum menghadapi sidang skripsi.

Ke depannya, diharapkan hasil dari Seminar & Workshop “Program Kreativitas Mahasiswa 2017” ini mampu memupuk semangat penelitian mahasiswa UKI dan mampu membawa kampus UKI menjadi kampus bagi para peneliti-peneliti. (Afliana)